Profil Sekolah
Visi
“Terwujudnya insan Indonesia yang religius, unggul dan kompetitif di tingkat Internasional”
Indikator Visi
- Mengamalkan Imtaq dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan SKL dari KTSP dan mengadopsi SKL dari negara maju.
- Mengembangkan kurikulum bertaraf internasional.
- Mengembangkan PBM dengan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif.
- Meningkatkan kompetensi berbahasa asing minimal tiga bahasa.
- Melengkapi fasilitas pendidikan.
- Mengembangkan manajemen sekolah yang professional dan mengarah kepada manajemen Bertaraf internasional.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas lomba-lomba akademik dan non akademik.
- Meningkatkan penggalian dana dari Komite, Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.
- Mengembangkan sistem penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum Bertaraf Internasional.
Misi
- Menumbuh kembangkan dan mengin ternalisasikan sikap iman dan taqwa.
- Menguasai dan menghargai pengetahuan, teknologi, seni budaya serta memupuk semangat bersaing yang sehat dan dinamis.
- Menciptakan proses pembelajaran berkualitas yang berbasis pada penguasaan teknologi informasi dan bahasa Inggris serta bahasa asing lainnya.
- Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik serta tenaga kependidikan.
- Proaktif terhadap peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pendidikan
- Menyediakan fasilitas yang memadai untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan mengaktualisasikan kemampuan akademis.
Tujuan
- Memiliki warga sekolah yang mengamalkan Imtaq dalam kehidupannya.
- Memiliki SKL yang telah dikembangkan dan SKL hasil adopsi dari negara maju.
- Memiliki kurikulum pengembangan yang Bertaraf Internasional (khusus untuk mata pelajaran: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris).
- Menerapkan PBM dengan berbagai strategi pembelajaran yang relevan dan inovatif, antara lain: Penerapan Prinsip-prinsip CTL; Pembelajaran Tuntas; Pembelajaran Bermakna; Problem Solving.
- Memiliki program peningkatan kompetensi dan kemampuan berbahasa Inggris bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta siswa melalui “English Experience Day”.
- Memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap (sarana, prasarana, peralatan, media pengajaran dan fasilitas lain berkaitan dengan kegiatan PBM di sekolah).
- Memiliki sistem manajemen sekolah yang professional dan mengarah kepada manajemen mutu yang telah distandarkan dalam ISO 9001:2008.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas lomba-lomba baik akademis maupun non akademis
Sejarah SMAN 1 Cibadak
- Pada tahun 1965, SMA Cibadak didirikan atas kepedulian masyarakat Kecamatan Cibadak terhadap pendidikan dengan mengambil lokasi pembelajarannya di SD Kebon Pala selama 1 tahun.
- Pada tahun 1966, tempat belajar siswa dipindahkan dari SD Kebon Pala ke SD Negeri 5 Cibadak sampai tahun 1972. Pada tahun 1972, siswa rintisan SMA Negeri Cibadak sebagian besar tempat belajarnya pindah ke gedung sendiri (tempat sekarang) dan dijadikan kelas jauh dari SMA Negeri 1 Kodya Sukabumi, tertulis di prasasti yang ditandatangani oleh bapak Bupati Anwari, sebagai Kepala Daerah Kabupaten Sukabumi.
- Pada Tahun 1974, sekolah rintisan SMA Cibadak sebagai kelas jauh SMA Negeri 1 Kodya Sukabumi, statusnya dijadikan SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI CIBADAK tertuang dalam SK Penegerian, dan merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang pertama di Wilayah Kabupaten Sukabumi .
- Pada tahun 2004, SMA Negeri 1 Cibadak dijadikan Rintisan SMA Bertaraf Internasional hingga sekarang, sesuai SK yang dikeluarkan dari Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas).
- Pada tahun 2009, SMA Negeri 1 Cibadak selain sebagai Rintisan SMA Bertaraf Internasional juga meraih sertifikat ISO 9001:2008.
Sambutan Kepala Sekolah
"Segala Puji milik Allah. Shalawat dan Salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad saw.
Proses pendidikan selalu membutuhkan tiga hal penting. Pertama, konsistensi pada pembentukan karakter manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlaqul karimah. Kedua, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kompetitif dalam kehidupan. Ketiga, menghasilkan, memanfaatkan, dan mengendalikan perkembangan sain dan teknologi.
Pendidikan harus dapat mamanfaatkan seluas-luasnya perkembangan sain dan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Website sekolah tentu sangat diperlukan sebagai sarana komunikasi dan informasi baik internal maupun eksternal.
Semoga bermanfaat." - H. Mumuh, S.Pd., M.Pd.