Abstrak-5
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI PADA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 1 CIBADAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Oleh
Yuceu Endah Sakti, S.Si.,M.Si
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki tingkat pemahaman siswa pada pelajaran fisika dan meningkatkan hasil belajar dalam kegiatan pembelajaran fisika. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk meningkatkanhasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran problem based learning.
Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Cibadak sedang objeknya adalah pembelajaran materi bahasan usaha dan energi diajarkan dengan cara metode demonstrasi dan diskusi kelompok.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi usaha dan energi. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar rata-rata sebesar 74,10 dari kondisi awal dengan rata-rata sebesar 64,03 sedang dari kondisi pada siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 80,73. Jumlah peserta didik yang sudah mencapai nilai di atas KKM juga mengalami peningkatan menjadi 100 % pada siklus 2 dibandingkan pada siklus 1 sebesar 57,5 %. Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar fisika pada konsep usaha dan energi peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pada siklus I. Selain itu model problem based learning ternyata cukup efektif diterapkan pada konsep usaha dan energi.
Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar, usaha dan energi