Abstrak 06 – Juli 2018
PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMAN 1 CIBADAK
Rd.Agustini Djamilah
SMA Negeri 1 Cibadak
agustindjamilah@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur hasil belajar fisika siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri I Cibadak Kabupaten Sukabumi.Dalam proses belajar mengajar, informasi berupa ilmu pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan hasil belajar dalam penelitian ini adalah prestasi yang dicapai siswa selama proses belajar mengajar. Penelitian ini ditunjang dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan tutor sebaya, melalui penelitian tindakan kelas yaitu studi yang digunakan untuk mengumpulan data, mendiskripsikan, mengolah, menganalisa, menyimpulkan, dan menafsirkan data sehingga memperoleh gambaran yang sistematis.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu 1) pengamatan ( observasi ) langsung terhadap perilaku peserta didik dalam belajar yang menunjukkan motivasinya dalam mengikutipembelajaran yang di deskripsikandalambentukskoratauangka, 2) testertulissebagaihasilprestasibelajar.
Analisa data meliputi data informasi tentang keadaan siswa sebagai subjek penelitian dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif.Aspek kuantitatif adalah hasil penilaian belajar siswa pada materi “Gravitasi” berupa skor yang diperoleh dari penilaian untuk aspek kognitif, psikomotorik dan afektif.Aspek kualitatif berupa data catatan guru dan pengamat ( Observer ) yang menggambarkan keadaan proses pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Guided Inquiry dengan pendekatan Tutor Sebaya, hasil belajar fisika dapat ditingkatkan. Hal tersebut diperlihatkan berupa rata-rata nilai hasil ulangan sebesar 56 pada siklus I menjadi rata-rata nilai 83,6 pada siklus II, angka ketuntasan hasil belajar 31,4 % menjadi 77,1 % pada siklus II.
Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Guided Inquiry dengan pendekatan Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak pada peningkatan prestasi hasil belajar.
Kata Kunci : Guided Inquiry, Tutor Sebaya, Hasil Belajar.