Abstrak 04 – Juli 2018
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 NAGRAK SUKABUMI
Ida Widaningsih
SMA Negeri 1 Nagrak
ABSTRAK
Model pengajaran kolaborasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika.Pembelajaran model kolaborasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Model pengajaran kolaborasi dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide, dan pertanyaan. Penerapan pembelajaran model kolaborasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dari hasil penelitian tersebut, agar proses belajar mengajar Fisika lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka disampaikan saran sebagai berikut : Untuk melaksanakan model pengajaran kolaborasi memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menetukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan model kolaborasi dalam proses KBM sehingga diperoleh hasil yang optimal. Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai metode pengajaran, walau dalam taraf yang sederhana, dimana siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan keterampilan, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Perlu adanya penelitian lebih lanjut, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di SMA Negeri 1 Nagrak Kabupaten Sukabumi tahun pelajaran 2017/2018.Untuk penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik.
Kata Kunci : Pembelajaran Kolaborasi, Prestasi Belajar, Efektivitas