Abstrak-6
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL STAD DI KELAS I
ENI HERLINA
SD Negeri Sukalarang
Alamat : Jln. Cianjur Sukabumi Km. 11 Sukalarang Kabupaten Sukabumi
eniherlina@gmail.com
ABSTRAK
Nilai rata-rata ulangan semester pada mata pelajaran IPA selama tiga tahun terakhir selalu rendah. Hal ini dimungkinkan proses pembelajaran di kelas masih konvensional, sehingga motivasi belajar siswa rendah dan siswa kurang berminat pada pelajaran IPA. Guna meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di SD Negeri Sukalarang Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini dibantu oleh dua orang observer dan seorang kamerawan dengan menggunakan pedoman lembar kerja observasi yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2016/2017 dengan objek kelas 1 SD Negeri Sukalarang yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus teridiri dari 4 tahap yaitu: tahap 1) Perencanaan; tahap 2) Pelaksanaan; tahap 3) Observasi & evaluasi; dan tahap 4) Melakukan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Melalui metode kualitatif akan diketahui perubahan-perbahan pada perhatian siswa di saat mulai pembelajaran, aktivitas siswa dalam merespon pembelajaran, kesungguhan siswa dalam menyelesaikan soal-soal, sementara melalui metode kuantitatif diperoleh informasi ada tidaknya peningkatan hasil pembelajaran, dan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai. Hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi kinerja siswa dapat diketahui adanya peningkatan yang sangat positif pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan dari pelaksanaan prates dan pascates menunjukkan adanya peningkatan pada ketuntasan belajar sampai mencapai 83,3% atau sebanyak 15 siswa dari 18 siswa.
Kata Kunci : Model STAD, observasi, prestasi belajar, siklus.