Abstrak-12
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS V
EHA JULAEHA
SD Negeri Sukalarang
Alamat : Jln. Cianjur Sukabumi Km. 11 Sukalarang Kabupaten Sukabumi
ABSTRAK
IPS memfokuskan kajiannya kepada hubungan antar manusia dan proses membantu pengembangan kemampuan dalam hubungan tersebut. Pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dikembangkan melalui kajian ini ditujukan untuk mencapai keserasian dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukalarang Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi dengan cara penerapan metode role playing. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : 1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 27 poin dengan kategori baik dan nilai aktivitas siswa sebesar 25 poin dengan kategori baik, sedangkan dari 44 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,9% dengan nilai rata-rata sebesar 72,9. 2) pada siklus II diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 31 poin dengan kategori sangat baik dan nilai aktivitas siswa sebesar 30 dengan kategori baik, sedangkan dari 44 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 86,4% dengan nilai rata-rata sebesar 75,1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Sukalarang Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi.
Kata kunci : Metode role playing, siklus, observasi, hasil belajar