SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

HOAKS KONSTITUSI PEMICU PROSES DAN HASIL BELAJAR PPKn

 

H. JAMHARI

 

ABSTRAK

 

 

 

Kata Kunci ; HOAKS, Konstitusi, Pemicu, Proses dan Hasil Belajar.

 

Dalam mengajar, guru jarang sekali menggunakan istilah metode, karena mereka menyadari bahwa semua metode lebih cenderung menghasilkan kegiatan belajar-mengajar yang membosankan bagi anak didik. Jalannya pengajaranpun tetap kaku. Anak didik terlihat kurang bergairah belajar. Kejenuhan dan kemalasan menyelimuti kegiatan belajar peserta didik. Sungguh kondisi ini sepertinya sangat menguntungkan bagi guru dan anak didik.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penulisan ini adalah : “Bagaimana peningkatan motivasi dan prestasi (hasil) belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan Teknik Pendekatan Human, Over state, Actuality and Kindly of socialy (HOAKS) dalam memicu motivasi proses dan hasil belajar PPKn ?”. Tujuan penelitian pendidikan ini adalah :  “Mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkannya/ menggunakan teknik Human, Overstate, Actuality and Kind of Socialy dalam pembelajaran PPKN.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research).Dari hasil analisa didapatkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang terlihat dari pengamatan dan hasil test.Simpulan dari penelitian ini adalah Teknik Pendekatan Human, Over state, Actuality and Kindly of socialy (HOAKS) dalam memacu motivasi proses dan hasil belajar PPKn, dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Kewaraganegaraan.