Abstrak-1
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI KINERJA GURU PADA ASPEK KOMPETENSI PEDAGOGIK MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KELAS
(Penelitian Tindakan Sekolah Pada Guru-Guru SMA Negeri 1 Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018)
DRS.H. DEDI SOFYAN, M.MPd
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian dilakukan pada guru- guru yang berada di SMA Negeri 1 Cibadak Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan cara melakukan supervisi kelas kepada perwakilan masing-masing rumpun mata pelajaran tertutama yang di UN kan. Sebelum penelitian dilakukan, guru-guru SMA Negeri 1 Cibadak kurang-lebih hanya 56 orang terbagi ke dalam 2 rumpun melakukan diskusi pada masing-masing rumpun untuk menunjuk guru model yang sesuai dengan jam pelajarannya, sehingga tidak mengganggu jadwal pelajaran. Setelah siklus 1 selesai diperoleh data 85% menguasai materi, metode pembelajaran, 25 % belum memberikan penilaian dan 10% penggunaan media yang kurang relevan. Selanjutnya penelitian melanjutkan ke siklus 2 dengan menggunakan cara yang sama dengan siklus 1 tapi lebih ditekankan kepada praktek. Hasilnya setelah siklus 2 selesai didapati kenaikan dari siklus 1 sebesar 98,5%, menguasai materi, metode pembelajaran, 70% telah menguasai penilaian, 75% dan 60% penggunaan media yang relevan.
Ternyata supervisi kelas yang aplikatif dan berkesinambungan dapat meningkatkan prestasi kinerja guru, khususnya dalam kompetensi pedagogik.
Kata Kunci : Prestasi Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik