SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

PENINGKATAN PRESTASI  SISWA  PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI  KOSA KATA (MUFRODAT) MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA  BERBASIS  GAMBAR. (Penelitian Tindakan Kelas di kelas XI IPA 7  SMAN1 Cibadak Sukabumi  semester Genap tahun pelajaran 2017-2018)

 

ABDUL MALIK

 

ABSTRAK

 

Pengajaran bahasa Arab adalah suatu proses pendidikan yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan serta membina kemampuan bahasa Arab, baik secara aktif maupun pasif serta menumbuhkan sikap positif. Sebagai bagian dari mata pelajaran di SMA, bahasa Arab  mengalami beberapa masalah khususnya dalam  materi kosa  kata (mufrodat),  diantaranya adalah penguasaan kosa kata (مفردة.( masih kurang sehingga berpengaruh terhadap  prestasi belajarnya. Fenomena ini sebagaimana terjadi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Cibadak Sukabumi Sukabumi.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang  terdiri dari dua siklus berlokasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Cibadak Sukabumi pada semester Genap tahun pelajaran 2013-2014 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 7  berjumlah 32 orang . Dalam proses pengumpulan data digunakan alat pengumpul data, yaitu; Tes, Angket dan Observasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terbukti  dari perkembangan nilai siswa melalui tes tulis, diperoleh data ; Rata-rata nilai siswa pada pra siklus adalah 72, pada siklus satu naik menjadi 76, dan pada siklus dua menjadi 80. Artinya ada kenaikan dari pra siklus ke siklus satu sebesar empat poin, dan dari siklus satu ke siklus dua sebesar empat poin. Persentase kelulusan pada pra siklus sebesar 13 persen kemudian pada siklus ke satu menjadi 47 persen, dan pada siklus ke dua lulus 87,5 persen.Nilai terendah pada pra siklus  60 dan tertinggi 80, pada siklus ke satu terendah 64 dan tertinggi 80, dan pada siklus ke dua nilai terendah 70 dan tertinggi 86. Adapun respon siswa terhadap penerapan Multimedia pembelajaran termasuk kategori tinggi. Kategori tersebut berdasarkan  hasil angket yang disebarkan kepada siswa yang hasilnya adalah pada siklus satu skor rata-rata angket sebesar 3,9 dan pada siklus ke dua sebesar 4. Ke dua angka tersebut berdasarkan kriteria penilaian berada pada interval  3,5 – 4,5 yang berarti tinggi. Dengan demikian berdasarkan Indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu 75 persen,  maka penerapan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab adalah berhasil, karena ketuntasan mencapai 87,5  persen. Berdasarkan hasil penelitian penulis merekomendasikan, bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab, maka guru bisa menerapkan multimedia pembelajaran.

Kata Kunci : Kosa Kata bahasa Arab (Mufrodat),  Multimedia Berbasis Gambar Prestasi Belajar