Abstrak-3
PENINGKATAN PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS DEMOKRATIS DALAM MEMBANGUN KESADARAN HUKUM SISWA DI SMA NEGERI 1 CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI
Dr.H.Kohar Pradesa, M.Pd
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Cibadak tentang tentang konsep hukum dan kesadaran hukum (X1) melalui pendekatan demokratis (X2) pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Menurut Arikunto (2010:2) “Penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dikelas”. Desain penelitian yang akan digunakan adalah desain model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini ditempuh melalui 3 siklus, setiap siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Cibadak tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 36 orang. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian yaitu selama 3 bulan dari awal September 2015 sampai akhir November 2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa pilihan ganda yang terdiri 34 butir soal untuk mengukur pemahaman siswa tentang konsep hukum, dan angket sebanyak 40 butir pertanyaan untuk mengukur sikap kesadaran siswa tentang hukum, serta lembar pengamatan guru dan lembar pengamatan siswa untuk pendekatan demokratis. Instrumen lembar tes telah melalui uji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 0,05 %.
Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah subjek penelitian berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PPKn yaitu 78, selain itu pada proses pembelajaran demokratis dan angket siswa mencapai keberhasilan 80%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan pendekatan Demokratis dapat meningkatkan pemahaman siwa kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Cibadak tentang konsep hukum dan kesadaran hukum. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil tes yang diberikan setiap siklusnya masing-masing adalah Sikllus I 76,47 atau 44.44%, Siklus II 83,99 atau 86,11% dan Siklus III 90,44 atau 97.22%, adapun kriteria angket sikap siswa berkategori Sangat Baik dengan hasil presetase 82%.
Kata kunci : Konsep hukum dan kesadaran hukum, pendekatan demokratis, penelitian tindakan kelas.