SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN EFEKTIFITAS PENGAJARAN EKONOMI TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PERILAKU EKONOMI

 

ASYARI, S.Pd.,MAk

Guru SMA Negeri 1 Cibadak

ABSTRAK

 

 

  1. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Efektifitas Pengajaran Ekonomi, Pembentukan Nilai-Nilai Perilaku Ekonomi.

 

  1. Abstraksi :

Tujuan penelitian ini adalah pertama, ingin mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi nilai-nilai perilaku ekonomi. Kedua faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar, kompetensi guru ekonomi atau efektivitas pembelajaran ekonomi, Pokok permasalahan penelitian ini adalah adanya perubahan nilai-nilai  kalangan siswa yang cenderung kapitalis liberalis. Diduga perubahaan nilai-nilai perilaku ekonomi yaitu nilai perilaku ekonomi kekeluargaan tersebut disebabkan oleh dunia pendidikan, yaitu rendahnya kompetensi guru ekonomi dan kurang efektifnya pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Cibadak di Kabupaten Sukabumi, dengan ukuran sampel adalah 60 responden yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, pengamatan langsung dan dengan penyebaran angket.Analisis data dengan metode statisik deskriptif, koefisien korelasi Pearson, koefisien determinasi dan analisis regresi. Uji statistic yang digunakan uji t dan uji F Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 2 Mei 2017 sampai dengan 28 Juni 2017.

Hasil penelitian menunjukan

  1. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi guru dan efektivitas pengajaran ekonomi secara bersama-sama terhadap nilai-nilai perilaku ekonomi kekeluargaan. dengan Fhitung > Ftable , atau dan Fhitung = 271,151 sedangkan Ftable   = 3,15  dan Sig 0,000 < 0,05
  2. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi guru terhadap nilai-nilai perilaku ekonomi kekeluargaan. dibuktikan dengan     t hitung > t tabel  dan Sig < 0,05  atau t hitung 7,354 > t tabel 1,67  dan       Sig = 0,000 < 0,05.
  3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa atas efektivitas pengajaran ekonomi ter hadap nilai-nilai perilaku ekonomi kekeluargaan. Dibuktikan dengan Sig = 0,000 dan t hitung = 4,621 sedangkan t tabel = 1,67,maka di dapat Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 4,621 > t tabel = 1,67