Abstrak-11
MEMBENTUK KARAKTER UNGGUL SISWA MELALUI
PENJELAJAHAN LINGKUNGAN (HIKING) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
Tono Supriatna Nugraha
SMAN 1 Nagreg Kabupaten Bandung
ABSTRAK
Pendidikan Jasmani merupakan bagian yang terpisahkan dari kurikulum pendidikan nasional. Pada pelakasanaanya, pendidikan jasmani belum mendapatkan prioritas khusus sehingga peran dan fungsinya belum terwujud secara jelas. Menurunnya respon siswa terhadap pembelajaran Penjasorkes menyebabkan semakin menurunnya aktifitas fisik siswa. Keadaan ini semakin menurun menjelang akhir kegiatan belajar mengajar di sekolah menjelang ujian atau penilaian akhir.
Respon siswa terhadap pembelajaran Penjasorkes melalui kegiatan penjelajahan/hiking mencapai skor rata-rata 100,4 dengan katagori sangat baik. Pendekatan kontekstual/CTLpenjelajahan lingkungan/hikingmenjadi daya tarik siswa pada pembelajaran Penjasorkes sehingga aktivitas siswa semakin meningkat untuk sehingga dapat membentukgaya hidup aktif sebagaikarakter unggul siswa.
Kata Kunci : Karakter Unggul, Penjelajahan Lingkungan (Haiking), Pembelajaran Jasmani