SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

Tahun ajaran baru 2022/2023 beberapa satuan pendidikan akan mulai melakukan implementasi kurikulum merdeka sebagai opsi tambahan untuk dasar pengelolaan pembelajaran dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024.

SMA Negeri 1 Cibadak melaksanakan In House Training (IHT) sebagai kesiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kegiatan dilaksanakan mulai 27 Juni s.d 2 Juli 2022.
Pada tingkat SMA/SMK kurikulum merdeka akan diimplementasikan untuk siswa kelas X. Sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum 2013.

Karakteristik utama kurikulum merdeka adalah pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Lalu Inti dari kurikulum merdeka adalah merdeka belajar. Hal ini dikonsep agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing. (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Merdeka)

Tahun 2024 menjadi penentuan kebijakan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran. Evaluasi ini menjadi acuan Kemendikburistek dalam mengambil kebijakan lanjutan. (https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Post terkait

Pengenalan Lingkungan Sekolah 2022

Graduation of ’22

Cap Tiga Jari