SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

Asesmen Nasional (AN) digunakan untuk memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan, dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan sistem pendidikan.
Berbeda dengan UN. AN tidak berpengaruh terhadap kelulusan atau kenaikan tingkat, serta tidak untuk memberikan peringkat bagi sekolah. AN hanya diketahui oleh pemerintah, sekolah, dan dinas pendidikan untuk perbaikan di masa depan.

AN dilaksankan di satuan pendidikan pada wilayah yang diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan penetapan protokol kesehatan.

Pada 27 & 28 September 2021 sebanyak 45 siswa SMAN 1 Cibadak yang terpilih melaksanakan AN, lalu pada 29 & 30 September 2021 hampir semua guru dan kepala sekolah mengikuti Survey Lingkungan.

Adapun tiga instrumen AN yaitu 1) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur literasi membaca & numerasi sebagai hasil belajar kognitif. 2) Survei Karakter mengukur sikap dan nilai nilai sebagai hasil belajar non kognitif. 3) Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas pembelajaran & iklim sekolah yg menunjang pembelajaran.

Murid mengikuti ketiga asesmen, sedangkan guru dan kepala sekolah hanya survey lingkungan belajar.
. . .
(sumber : kemendikbud.ri)
(gambar : anbk.kemendikbud.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post terkait
Anastia Nursyafaat Juara 1 Lomba Mural Kabupaten.

Anastia Nursyafaat Juara 1 Lomba Mural Kabupaten.

Ananda Risyad Peringkat 1 KSN Kab/kota Bidang Matematika

Dewi Fortuna Peringkat 2 Bidang Kebumian KSN Kab/Kota