SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

Wanda Nurhidayah (XI IPA 6) menjadi delegasi kegiatan Indonesian Youth Action di wilayah 3T
. . .
Indonesian Youth Action adalah organisasi bidang pemberdayaan masyarakat melalui partisipasi pemuda pemudi se Indonesia yang turun langsung ke daerah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan).
Tujuannya adalah melaksanakan program SDGs Desa (Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)
yaitu upaya terpadu wujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli Pendidikan, ramah perempuan, berjejaring, serta desa tanggap budaya.

Kegiatan Youth Action dilaksanakan pada 25 s.d 31 Agustus 2021 di ujung barat Indonesia yaitu Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Provinsi Aceh, dan disambut baik oleh masyarakat disana.

Pada kegiatan ini Wanda memilih divisi pendidikan, rasa kecintaannya terhadap anak-anak dan kondisi pendidikan di desa jaboi menarik hati wanda untuk terjun ke divisi pendidikan.
Divisi pendidikan memiliki beberapa program kerja yaitu senam bersama, kelas literasi, sekolah alam, waqaf al-quran, pohon impian dan pembuatan batik jumputan. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti beragam kegiatan yg diadakan.
Tak hanya divisi pendidikan saja dalam kegiatan ini terdapat 3 divisi lain, yaitu divisi kesehatan, divisi lingkungan, dan divisi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Banyak pelajaran dan kesan yang saya dapatkan dari kegiatan Ini, yaitu indahnya berbagi dan menolong sesama, tidak peduli seberapa jauh masyarakat Desa Jaboi tinggal dan seberapa asing mereka bagi saya, kita adalah Indonesia, kita adalah keluarga.
Melalui kegiatan ini saya mempunyai banyak teman dari seluruh Indonesia, dapat bertukar budaya dan bahasa, dan mengimplementasikan sikap toleransi yang tinggi.”

Wanda juga berharap dengan banyaknya kegiatan pengabdian seperti ini menjadi upaya bagi Pemuda/Pemudi Nusantara untuk menghadirkan kesejahteraan sosial di Indonesia dengan aksi nyata untuk Negeri.
. . .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post terkait

Ekspedisi Jejak Budaya – Vicca Qarinah Putri W. XI IPS 1

Gebyar Vaksinasi Tahap 1

Pembawa Baki PASKIBRAKA Kab. Sukabumi Angkatan 2021