SMAN 1 Cibadak

Vidya Dharma Anoraga

Predikat SMAN 1 Cibadak Kab. Sukabumi sebagai salah satu sekolah unggul di Kab. Sukabumi sudah tidak diragukan lagi. Siswa maupun gurunya seringkali menorehkan prestasi, baik akademik maupun non akademik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional. Salah satu ajang bergengsi yang berhasil dipertahankan oleh siswa SMANDAK adalah Lomba Debat Bahasa Inggris antar siswa SMA se – Kab. Sukabumi yang selenggarakan pada tanggal 30 – 31 Oktober 2017 bertempat di SMA PU. Albayan Cibadak kab. Sukabumi. 2 (tim) debat yang masing-masing terdiri dari 3 orang, berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menyisihkan 23 tim dari 17 sekolah SMA, baik negeri dan swasta dalam ajang tahunan bergengsi tersebut. Tim A dan tim B berhasil masuk babak final, setelah di babak semifinal mengalahkan tim SMAN 1 Sukaraja dan SMAN 1 Nagrak. Dalam perebutan juara 1 dan 2, tim SMANDAK A dan B adu argumen yang mengambil tema “This House Would Rise More Budget for Infrastructure than Education”. Tema yang diberikan secara mendadak oleh juri berhasil di tampilkan dengan baik oleh kedua tim selama 1,5 jam.

Ketua dewan juri lomba debat Bahasa Inggris, Erik Chandra Pertala mengaku kesulitan menentukan tim terbaik dari kedua tim yang berlaga. “Kedua tim tampil luar biasa, sehingga kami bertingga agak kesulitan menentukan siapa yang berhak menjadi The champion. Tapi karena kami harus memutuskan satu tim terbaik, maka berdasarkan diskusi yang alot dengan tim juri, kami akhirnya memutuskan tim SMANDAK B menjadi juara pertama, dan tim SMANDA A sebagai juara kedua” Kata erik sesaat setelah pengumuman pemenang.

Sementara itu, pembimbing tim SMAN 1 Cibadak yang juga guru bahasa Inggris, Jasmansyah, M.Pd mengapresiasi pencapaian yang diraih anak didiknya. “Prestasi tahun ini melampaui target kami. Awalnya kami menargetkan salah satu tim SMANDAK masuk final. Alhamdulillah, kedua tim melenggang jauh babak ke final (all finalists). Perjuangan mereka luara biasa dalam mempersiapkan lomba tersebut. Mereka pantar menjadi JAWARA”, Kata Jasman yang juga ketua IGI kab. Sukabumi.

Di tempat terpisah, kepala SMAN 1 Cibadak Drs. H. Dedi Sofyan, M.Pd memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada siswa dan para guru pembimbing yang telah berhasil mengantarkan SMAN 1 Cibadak sebagai juara, bahkan memboyong 2 (dua) tropi sekaligus, yakni  juara 1 dan 2. “Pencapaian yang diraih saat ini adalah buah dari perjuangan dan ikhtiar para siswa dan guru pembimbingnya. Prestasi ini semakin mengokohkan SMANDAK sebagai sekolah yang unggul dalam berbagai bidang, termasuk bidang Bahasa Inggris” kata Dedi melalui sambungan telepon kemarin.

Sebagaimana diketahui, tahun 2016 SMAN 1 Cibadak meraih juara yang sama (juara 1) pada lomba debat tingkat kabupaten dan mewakili Kab. Sukabumi ke tingkat provinsi. Dan tahun 2017 ini, sebagai pemenang SMAN 1 Cibadak akan mewakili Kab. Sukabumi pada WSDC tingkat provinsi Jawa Barat yang akan berlangsung akhir pekan ini. Selain meraih juara 1 dan 2, 2 siswa mendapat prestasi sebagai the Best speaker 1 dan 3. Sedang the best speaker 2 diraih oleh SMAN 1 Sukaraja. Sementara itu, tim dari SMAN 1 Sukaraja dan SMAN 1 Nagrak meraih juara 3.

Sebagai penghargaan kepada para juara, panitia memberikan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Selain itu, khusus untuk juara 1 untuk lomba debat dan pidato bahasa Inggris mendapat voucher kuliah gratis pada Univ. Nusaputra Sukabumi dalam bentuk beasiswa pendidikan senilai Rp. 60 juta rupiah untuk juara lomba debat dan 20 juta untuk juara 1 lomba pidato Bahasa Inggris. “Beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam bidang pendidikan, agak kualitas SDM di kab. Sukabumi semakin baik dari tahun ke tahun. Dan mereka yang berprestasi sangat layak di apresiasi” kata Dr. H. Kurniawan, ST., MM., M.Si. Bravo SMANDAK!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post terkait

Pasanggiri Sunda 2018

MPLS 2018

Promansa 1439H